Wisuda Lulusan Program Diploma IV STPP Bogor

By Admin


nusakini.com - Wisuda Lulusan Program Diploma IV STPP Bogoryang ke-13 mengambil Tema “Menghasilkan Sumber Daya Manusia Profesional Untuk Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani”. Tamu undangan yang hadir diantaranya, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang SDM Pertanian, Bupati/Walikota Bogor/Yang mewakili, Para Pejabat Eselon II dan III Kementerian Pertanian BPPSDMP, Anggota Senat STPP Bogor, Rektor/Dekan Perguruan Tinggi di Bogor, Kepala UPT Lingkup Kementerian Pertanian di Bogor, Staf Pengajar & Karyawan STPP Bogor, Pejabat Eselon II Kabupaten/Kota Bogor, Wakil Pemda Kabupaten Kutai Barat dan Lulusan Program Diploma IV STPP Bogor.

Proses pendidikan Program Diploma IV berlangsung 8 semester dengan menempuh 144 SKS.  Mata kuliah yang diberikan meliputi mata kuliah yang tergabung dalam kelompok Ilmu Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan, Agribisnis dan Agroekoteknologi.  Program ini memiliki 2 Jurusan dengan 2 Program Studi, yaitu Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan,.  Selama proses pembelajaran di STPP, mahasiswa mengikuti kuliah dan praktik berdasarkan kurikulum program Diploma IV STPP dengan cakupan kompetensi inti, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.  Disamping itu, para mahasiswa juga ditingkatkan kompetensinya melalui :

-        Pembekalan keahlian bagi mahasiswa berupa pelatihan teknis paramedic untuk jurusan peternakan, kultur jaringan untuk jurusan pertanian.

-        Peningkatan kompetensi lulusan melalui Diklat Fungsional Penyuluh Pertanian (Diklat Dasar Ahli/Diklat Alih Kelompok).

-        Sertifikasi Profesi Penyuluh Pertanian bagi Lulusan/Alumni.

-        Peningkatan kompetensi dalam bidang Teknologi Informasi.

Jumlah wisudawan/wisudawati sebanyak 66 orang terdiri dari Jurusan Penyuluhan Pertanian sebanyak42 orang terdiri dari mahasiswa regular 23 orang dan kerjasama dengan Pemda Kutai Barat 19 orang, Jurusan Penyuluhan Peternakan 24 orang. Wisudawan yang lulus dengan IPK > 3,0 = 54 orang (81,82%).   LulusandenganpredikatPujian 4 orang (6,06%), SangatMemuaskan 20 orang (30,30%), danMemuaskan 39 orang (59,09%).  IPK Tertinggi 3,77 dan IPK Terendah 2,71. Sejak berdiri pada tahun 2002 sampai saat ini (2016) STPP Bogor telah meluluskan sebanyak 1970 mahasiswa yang tersebar diseluruh Indonesia.

Adapun Lulusan Terbaik Program Diploma IV STPP Bogor Tahun Akademik 2015/2016 adalah sebagai berikut :

Peringkat    Nama Lulusan/ NIRM    IPK/
Predikat     Asal Instansi
JURUSAN PENYULUHAN PERTANIAN
I    NORHASANAH
Nirm 04.1.12.0589    3,77
PUJIAN    SMK-PP Negeri Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan
II    HAMSARUDIN
Nirm 04.1.12.0583    3,53
PUJIAN    Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu
III    DONI
HADIANTO
NIRM
04.1.12.0581    3,57
SANGAT MEMUASKAN    Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten OKUS Provinsi Sumatera Selatan.
JURUSAN PENYULUHAN PETERNAKAN
I    MUHAMMAD ISKAK
NIRM 04.2.12.0535    3,75
PUJIAN    Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung
II    ANDI MARYANTO
NIRM 04.2.12.0522    3,51
PUJIAN    Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung Provinsi Lampung
III    JEFRIANTO
NIRM 04.2.12.0530    3,57
SANGAT MEMUASKAN    Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Wisuda mahasiswa ke-13 tahun 2016 STPP Bogorberasal dari PNS dan juga mahasiswa beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang mendapatkan tugas belajar di STPP Bogor. Namun mulai tahun 2014 dan sesuai tuntutan masyarakat, maka STPP Bogor juga seperti STPP lainnya telah menerima mahasiswa yang berasal dari masyarakat umum melaui pola jalur undangan untuk siswa yang berprestasi, anak petani yang berprestasi dan melalui jalur ujian (test).

Wisudawan STPP Bogor diharapakan memiliki kompetensi lebih tinggi di bidang Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan  dari pada sebelumnya. Harapan dan tuntutan masyarakat pada umumnya dan  khususnya petani di wilayah kerja kalian akan lebih tinggi,  terhadap kinerja kalian sebagai Penyuluh Pertanian  Ahli. Mitra kerja dan membantu petani secara optimal, tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan diri namun dituntut  mampu mengoptimalkan sumberdaya yang tersedia di sekitarnya karena itu,  lulusan STPP harus mampu mengenali potensi dan menyatu dalam kehidupan masyarakat  di wilayah kerjanya agar petani dan masyarakat di sekitarnya tidak akan ragu untuk senantiasa bekerja bersama-sama dengan lulusan STPP Bogor. Penyuluh Pertanian senantiasa menjadi ujung tombak   pembangunan pertanian dan terus menerus  tanpa henti meningkatkan kompetensi diri sejalan dengan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) bidang pertanian serta daya saing dairi dalam rangka menghadapi masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah dimulai tahun 2015.

Dalam wisuda ke-13 ini juga disampaikan Orasi Ilmiah oleh Dr.Ir. Herman Chaeron, M.Si, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan, dan pangan.Diharapkan para wisudawan banyak memperoleh inspirasi positif dan menjadi bekal yang cukup untuk memulai kembali bekerja dengan penuh kreativitas  di tempatnya masing-masing. (pr/eg)